Selamat datang di blog SIV 034. Karya-karya dalam blog ini dibuat untuk mensukseskan SMANEKA ICT VAGANZA 2010.

Minggu, 17 Januari 2010

NISN : Masa Depan Administrasi Siswa Indonesia


NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Departemen Pendidikan Nasional. Sistem ini menggunakan standar pengkodean yang telah ditetapkan dan tiap siswa yang terdaftar akan diberi kode pengenal identitas yang bersifat unik, dan berlaku sepanjang masa.

Sistem NISN bertujuan untuk mengidentifikasi peserta didik seluruh Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. Serta menjadi pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel (dapat dipertanggungjawabkan) berbasis Teknologi Informaasi dan Komunikasi terkini.

Dengan adanya NISN sebagai program pendukung Dapodik, NISN dapat membantu program-program perencanaan pendidikan, misalnya data statistik pendidikan, program pendidikan seperti : BOS (Bantuan Operasional Sekolah), pendataan Ujian Nasional, Sistem Informasi Manajemen (SIM) sekolah, hingga pengadaan beasiswa bagi peserta didik.

Keunikan NISN

NISN menggunakan pengkodean identitas yang bersifat unik, sehingga bisa membedakan antara satu siswa dengan siswa yang lain se-Indonesia. Adanya NISN bisa membantu dalam perencanaan program-program pendidikan mulai dari tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga tingkat sekolah. Misalnya BOS. Dengan adanya NISN, dana BOS yang dikeluarkan pemerintah akan tepat sasaran, karena pemerintah pusat telah memiliki data dari siswa yang akan diberi dana BOS. Begitu juga program beasiswa.

Dalam pengadaan Ujian Nasional, adanya NISN akan sangat membantu dalam pendataan jumlah peserta Ujian Nasional, persentase kelulusan, serta pemberian ijazah bagi siswa yang lulus. NISN juga akan sangat membantu dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) sekolah. Misalnya pendataan nilai, pendataan anggota perpustakaan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya sistem ini, NISN akan bisa membantu segala aktivitas yang berhubungan dengan program pendidikan, secara cepat, tepat dan akurat. Dan semua hal tersebut dilakukan dengan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

“Karya ini dibuat untuk mensukseskan SMANEKA INFORMATICS VAGANZA 2010.”

Referensi :
Website NISN, http://nisn.jardiknas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright© ICT 4 Education