Selamat datang di blog SIV 034. Karya-karya dalam blog ini dibuat untuk mensukseskan SMANEKA ICT VAGANZA 2010.

Minggu, 17 Januari 2010

Jardiknas, Era Baru Pendidikan Indonesia


Sebelum kita membahas mengenai Jardiknas, ada baiknya kita melihat dahulu sekilas tentang Jardiknas berikut ini.

Jardiknas, singkatan dari Jejaring Pendidikan Nasional, adalah intranet atau Wide Area Network yang menghubungkan sekolah-sekolah di Indonesia ke dalam satu jaringan besar, dan terdiri dari 4 jaringan. Jaringan-jaringan tersebut antara lain:
1. Zona Kantor Dinas/Institusi Pendidikan,
2. Zona Perguruan Tinggi,
3. Zona Sekolah, dan
4. Zona Personal.

Jardiknas, yang sekarang dinaungi oleh Pustekkom Depdiknas, mempunyai misi mengintegrasikan sistem pendidikan nasional ke dalam sistem pembelajaran dan administrasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan bertujuan melayani e-Administrasi (di lingkungan Depdiknas dan satuan kerja terkait) dan e-Pendidikan.

Untuk mendukung tujuan Jardiknas tersebut, Pustekkom telah melaksanakan beberapa program, diantaranya penyediaan akses internet dan kelengkapannya untuk sekolah-sekolah dan satuan kerja yang belum terhubung ke internet, serta sosialisasi pemanfaatan Jardiknas ke 33 propinsi di Indonesia.

Memanfaatkan Jardiknas

Setelah kita tahu sekilas tentang Jardiknas dari bagian artikel sebelumnya, kita jadi penasaran, apakah manfaatnya bagi kita? Apakah cuma untuk online ke internet saja, atau ada hal yang lainnya?

Teman-teman, ternyata, Jardiknas sangat besar manfaatnya bagi kita. Dengan Jardiknas, kita bisa mengakses informasi-informasi yang mungkin tidak ada di buku pelajaran kita. Tidak hanya itu, kita bisa mengakses yang lainnya. Banyak sekali layanan e-Pendidikan yang disediakan oleh Pustekkom, antara lain BSE (Buku Sekolah Elektronik), TVE (Televisi Edukasi), SICERDIK (Situs Cerdas dan Mendidik), Portal Video Jardiknas, e-Dukasi.net, dan masih banyak lagi.
Misalnya saja SICERDIK. Dengan layanan SICERDIK, kita bisa belajar secara online, mengikuti latihan ujian secara online, men-download materi pelajaran online, bahkan, kita bisa menambah teman yang sama-sama online di Jardiknas tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Selain itu, kita juga bisa mengikuti bimbingan belajar secara online lewat Jardiknas. Nah, banyak sekali manfaatnya, bukan?

Untuk institusi pendidikan, dengan adanya Jardiknas ini, bisa mempermudah sistem administrasi di sekolah dan ke dinas terkait. Tak perlu lagi repot-repot mendata guru dan siswa untuk satu keperluan sekolah secara konvensional. Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen (SIM) sekolah, cukup dengan satu identitas elektronik, kita bisa mengadakan akses ke sekolah secara online, misalnya melihat nilai hasil ujian, interaksi antara guru dengan siswa (misalnya mengumpulkan tugas berbentuk dokumen ke e-mail guru), penyiapan modul pembelajaran secara online, dan masih banyak lagi.

Bagi sekolah yang letaknya agak jauh dari dinas terkait, tak perlu repot-repot datang ke kantor dinas tersebut. Cukup menggunakan Jardiknas, kita bisa memberikan laporan, data guru dan siswa, surat pemberitahuan, bahkan mengadakan rapat kerja secara online, sehingga kita tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu.

Nah, banyak sekali manfaat dari Jardiknas, bukan? Dengan adanya Jardiknas, kita bisa memanfaatkan internet untuk sesuatu yang lebih bermanfaat bagi kita, memperluas cakrawala ilmu kita, dan tentunya tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Oleh karena itu, mari, bersama kita sambut MASA DEPAN ICT untuk PENDIDIKAN INDONESIA....

“Karya ini dibuat untuk mensukseskan SMANEKA INFORMATICS VAGANZA 2010.”

Referensi :
Jejaring Pendidikan Nasional, http://www.jardiknas.depdiknas.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright© ICT 4 Education